Pengertian,Gejala,Penyebab dan Mengobati Penyakit Maag atau Sakit Lambung


Pengertian Gejala Penyebab dan Mengobati Penyakit Maag atau Sakit Lambung

Pengertian,Gejala,Penyebab dan Mengobati Penyakit Maag atau Sakit Lambung - Penyakit ini sudah tidak asing lagi bagi di kalangan remaja dewasa hingga lanjut usia. Sakit Maag atau Sakit pada Lambung ini sungguh mengganggu jika kambuh,bahkan bisa merenggut nyawa seseorang yang sudah parah penyakit Maag ini. Banyak yang mengetahui Penyebab Penyakit Maag,tetapi mereka tetap tidak peduli. Dan kalau sudah terkena penyakit maag,baru mereka mengeluh menyesali dari apa yang sudah mereka makan atau pola makan yang tidak sehat. Dan mulai mencari cara mengobati penyakit Maag yang dideritanya.

Untuk artikel ini kita akan membahas Pengertian,Gejala,Penyebab dan Mengobati Penyakit Maag atau Sakit Lambung yang mudah-mudahan akan membuat sadar bagi yang belum terkena penyakit maag atau lambung. Dan membuat semakin berhati-hati lagi untuk yang sudah menderita Sakit Maag.

1. Pengertian Penyakit Maag atau Penyakit Lambung

 
Sakit Maag atau disebut juga Dispepsia adalah kondisi lambung seseorang yang mengalami radang lambung seseorang yang mengalami radang lambung yang sering muncul bahkan terus menerus terjadi di lapisan dinding lambung sehingga menjadi terkikis dan dapat membuat luka yang dikenal sebagai luka lambung. Gejala maag yang umumnya dirasakan adalah rasa panas atau perih yang dirasakan seseorang dari leher hingga perut bagian tengah.

Radang pencernaan tidakk selalu dilambung, diusus halus juga dapat terjadi pada peradangan. Namun, yang disebut sakit Maag adalah peradangan pada bagian lambung seseorang. Jika gejala sakit maag yaitu perut terasa perih ketika makan,tidak dengan radang pada usus halus. Perut akan terasa perih setelah 2 sampai 3 jam setelah kita makan. Rasa perih sakit maag umumnya terasa diperut bagian atas sebelah kiri. Perut bagian atas sebelah kiri merupakan posisi lambung seseorang . jadi ketika kita sakit maag makan akan terasa perih dibagian lambung kita.

2. Gejala Penyakit Maag
 
Gejala sakit maag yang umumnya dirasakan adalah rasa nyeri atau rasa perih yang terasa saatmakan atau saat setelah makan. Hal ini disebabkan karena makanan telah sampai dilambung yang dimana, lambung sedang dalam kondisi yang bermasalah.

Gejala yang sering dirasakan pada sakit lambung selain nyeriadalah sensai panas dibagian perut selama beberapa menit yang biasaanya disertai dengan rasa mual. Gejala ini juga dapat terjadi hingga terasa perih dari leher hingga pusar, bahkan terasa hingga di punggung. Rasa perihpada lambung dikarenakan, asam lambung yang mengenai titik radang atau luka lambung. Jadi, ketika asam lambung mengenai luka pada lambung, akan terasa perih atau nyeri.

Dan inilah rincian gejala Sakit Maag yang belum parah dan sakit maag sudah parah :

Gejala penyakit maag yang belum parah :
•    Rasa nyerih atau perih yang terasa di daerah lambung
•    Rasa panas yang terasa di daerah perut atau lambung
•    Raas mual-mual yang sering dirasakan setelah makan
•    Sering muntah asam lambung, muntah asam lambung biasanya hanya mengeluarkan asam lambung saja yang terasa pahit atau asam di lidah. Muntah asam lambung juga biasanya disertai dengan keluarnya makanan yang kita makan sebelumnya.

Gejala penyakit maag yang sudah parah :
•    Muntah yang terjadi disertai dengan keluarnya darah
•    Saat buang air besar,feses beserta darah atau berwarna hitam. Namun kita harus dapat

membedakan darah yang keluar karena sakit ambeyen atau karena luka dari lambung jika darah yang keluar karena ambeyen. Darah yang keluar tidak menetes,dan warna darah berwarna kehitam-hitaman, bahkan feses dapat menjadi hitam pekat.
Apabila mengalami gejala penyakit maag yang sudah menyebabkan pendarahanan di lambung. Segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Karena jika telah mengalami pendarahan di lambung harus di tangani dengan cepat untuk mencegah hal buruk yang terjadi.

3. Penyebab Penyakit Maag
 
Penyebab sakit maag yang utama ada dua, sakit maag yang disebabkan oleh Bakteri Helicobacter Pylori ( H.Plyori ) dank arena pengguna obat antii inflamasi non steroid ( OAINS ). Seperti aspirin yang dikonsumsi dalam waktu yang lama. Bakteri yang menyebabkan sakit maag. Bakteri H. Pylori adalah bakteri yang dapat mengiritasi lambung seseorang yang dapat menyebabkan radangpada lambung hingga luka pada lambung (tukak lambung).

Kita juga pelru mengetahui makanan yang dapat memicu sakit maag. Makanan yang dapat menyebabkan sakit maag diantaranya sebagai berikut.

Makanan dan minuman pemicu penyakit Maag
a.    Daging yang berlemak – daging yang memiliki lemaktinggi dapat memicu asam lambung pada manusia. Daging yang memiliki lemak tinggi diantaranya daging sapi, domba atau kambung. Mulai sekarang jika memiliki sakit maag jangan terlalu berlebihan ketika mengkonsumsi dagingyang berlemak tinggi.
b.    Kaferin – minuman yang mengandung kafein seperti kopi dapat juga menyebabkan asam lambung meningkat.
c.    Minuman beralkohol – meminum minuman yang beralkoholseperti bir atau wine dapat mempercepat kenaikan asam lambung. Hal ini dikarenakan minuman beralkohol dapat melemahkan saluran dibawah esophagus yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Wajar saja jika ada seseorang pecandu alcohol mengidap sakit maag.
d.    Minuman bersoda – minuman yang satu ini memang sangat menggoda lidah. Rasa yang sangat segar saat diminum membuat minuman ini banyak di konsumsi masyarakat. Tapi tunggu dulu,bagi pengidap penyakit maag. Pasalnya minuman bersoda dapat memicu maag anda menjadi kumat kembali. Dianjurkan bagi yang mengidap sakit maag untuk berhenti mengkonsumsi minuman bersoda.
e.    Makanan pedas – tentunya makanan yang satu ini dapat memicu sakit maag anda. Karena ketika makan makanan yang pedas dapat merangsang dan meningkatkan asam lambung seseorang. Biasanya jika mengalami iritasi atau radang pencernaan ( radang lambung ), kita diberi pantangan oleh dokter untuk stop makan makanan pedas selama masa penyembuhan.
f.    Makanan yang ber Gas tinggi – makanan yang mengandung gas tinggi dapat menyebabkan asam lambung anda kumat. Makanan yang mengandung gas tinggi nangka dan kol.

4.   Mengobati Penyakit Maag

Pengertian Gejala Penyebab dan Mengobati Penyakit Maag atau Sakit Lambung

Sakit maag bukanlah penyakit berat atau penyakit yang mematikan. Penyakit maag akan cepat membaik jika cepat ditangani secara cepat dan tepat. Sangat penting untuk seseorang mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan penyakit maag kambuh kembali.

Obat yang sering digunakan untuk menyembuhkan sakit maag adalah obat penghambat pompa proton ( PPP) seperti omeprazole dan lanzoprazole. Obat tersebut dapat menurunkan kadar asam lambung dalam system pencernaan manusia, yang sangat membantu dalam proses penyembuhan sakit maag. Bagi seseorang yang mengidap penyakit maag karena bakteri, dapat menggunakan antibiotic untuk membunuh bakteri sakit maag, yaitu bakteri H.pylori. Antibiotik sangat penting digunakan jika seseorang yang sakit maag dikarenakan bakteri.

Apabila sakit maag yang disebabkan karena penggunaan OAINS seperti aspirin,kita harus berhenti dulu mengkonsumsi obat tersebut. Lalu konsumsi obat sakit maag setelah meminum obat tertentu, sebaiknya kita stop saja konsumsi obat tersebut jika ingin sembuh dari sakit maag.

a.   Komplikasi Penyakit Maag :
 
Komplikasi dari sakit maag sangat jarang terjadi,diperkirakan dialami hanya 4 dari 200 orang komplikasi sakit maag yang dapat menyebabkan sakit yang serius, seperti sakit :
•    Pendarahan pada titik peradangan
•    Obstruksi lambung atau radang lambung yang menghalangi proses laju makanan pada system pencernaan.
•    Robeknya (perforasi) pada lapisan lambung dititik peradangan.
Tenang saja bagi yang mempunyai sakit maag, karena sakit maag sangat jarang memakan korban jiwa. Korban jiwa dari maag pertahunya dapat dihitung dengan jari. Namun penyakit maag dapat menjadi yang serius apabila dialami oleh seseorang yang berusia diatas 70 tahun. Jadi, bagi kaum muda yang memiliki sakit maag tidak perlu khawatir. Dengan perawatan dan pengobatan sakit maag yang tepat. Mudah-mudahan sakit maag dapat tertangani dengan cepat.

b.   Obat Trandisional Untuk Mengobati Penyakit Maag ( Sakit Lambung )

 
Dijaman pengetahuan yang semakin maju ini banyak hadir obat-obat kimia di masyarakat.
Obat kimia ini memang dapat membantu untuk menyembuhkan suatu penyakit, namun sering dijumpai efek sampingnya. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap efek samping dari obat-obat kimia, tentunya tidak sedikit masyarakat modern yang beralih untuk mencari obat tradisional. Pasanya dengan obat tradisonal. Jarang bahkan tidak ada efek sampingnya.

Sejak jaman dahulu obat tradisional juga memang sudah terbukti dapat ampuh membantu penyembuhan suatu penyakit. Mengkonsumsi obat tradisional yang menggunakan bahan-bahan alami sangat banyak dicari orang.

Bagi penderita maag,terlalu sering mengkonsumsi obat-obat maag yang berbahan kimia tentu tidak baik juga untuk kesehatan. Tetap tenang, jika tidak ingin mengkonsumsi obat kimia, kita bisa mengkonsumsi obat tradisional. Obat tradisional juga telah diuji di laboratorium akan khasiatnya.
Berikut adalah obat tradisional untuk penyakit maag :
a.    Kunyit
b.    Daun papaya dan biji papaya
c.    Kacang kedelai
d.    Bawang putih
e.    Madu hitam
f.    Jeruk nipis peras

Dan itulah Pengertian,Gejala,Penyebab dan Mengobati Penyakit Maag atau Sakit Lambung yang mungkin bisa kalian pelajari dan terapkan di pola hidup agar tidak terkena penyakit maag. Atau mungkin kalian bisa mencari bahan-bahan untuk membuat obat tradisional untuk mengobati penyakit maag.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel