Masuk Angin dan Kerokan Menurut Kedokteran Mitos atau Fakta? Mari Bahas Bersama

Masuk angin ? penyakit ini yang tidak asing lagi bagi untuk masyarakat indonesia. Dimana keadaan badan yang tidak enak di karenakan banyak nya angin yang masuk ke badan kita. Dan kebiasaan masyrakat untuk menyembuhkan masuk angin tersebut adalah dengan kerokan.
Sebenarnya istilah masuk angin tersebut tidak ada,yang ada hanyalah istilah rasa " Tidak enak badan ". Namun bagaimana masuk angin dan kerokan dalam ilmu kedokteran sendiri ?
Masuk angin di dapat di artikan dimana seseorang dalam keadaan demam,kedinginan,pegal-pegal,batuk,flu ,hidung tersumbat dan bersin-bersin ,sakit kepala buang angin yang terus-menerus yang dirasakan di saat yang bersamaan. walaupun terkadang di masyarakat hanya pegal-pegal di campur sakit kepala juga tetap dikatakan masuk angin.
masuk angin juga banyak klarifikasi nya di kalangan kita,yang dapat di simpulkan hanya berbeda sedikit dari klarifikasi ke klarifikasi lain nya.
Dan " kata nya " penyebab nya adalah masuk nya angin dari saluran cerna (secara harfiah ) yang membuat flu dan hidung tersumbat.Tentu nya penyebab masuk angin tersebut tidak masuk akal dalam kedokteran. Karena penyebab sebenarnya adalah :
cuaca dingin merupakan salah satu faktor penyebab masuk angin,tapi dalam tanda kutip " bukan angin ". Melainkan,ketika cuaca menjadi dingin,otomatis tubuh kita mengaktifkan pengatur suhu yang ada di badan kita agar menyesuaikan keadaan suhu. Ketika keadaan suhu dingin,makan pengatur suhu akan otomatis menurunkan suhu badan kita juga dan penyempitan pembuluh darah. Dan keadaan suhu yang dingin ini juga membuat kita menjadi batuk pilek,yang membuat badan menjadi lemah.
Hempasan angin ketika berkendara penyebab masuk angin juga,karena ketika berkendara,angin akan langsung mengenai badan dan terhirup dengan cepat melalui mulut atau hidung. tetapi di beri tanda kutip kembali " Angin bukan menjadi penyebab utama demam batuk pilek ya "

Bagi masyrakat juga biasa nya mengobatin atau menghilangkan masuk ini dengan cara  "Kerokan" metode penyembuhan yang tidak asing lagi bukan? Kerokan yaitu di kulit punggung yang sudah di olesin minyak,kemudian di gesek dengan koin atau sendok atau benda tumpul lain nya yang membuat kulit punggung menjadi memerah dan panas. Tetapi sebenarnya kerokan tersebut tidak di anjurkan di ilmu kedokteran,karena kerokan tersebut membuat kulit menjadi luka lecet dan membuat kulit menjadi tipis. Dan ini yang membuat kita menjadi nyaman ketika kerokan karena luka lecet akibat gesekan yang di buat,badan kita menjadi panas atau hangat. Selain membuat luka lecet pada kulit,kerokan juga akan membuat kita menjadi sering demam dan batuk pilek,karena ketika kulit di gesek oleh benda tumpul itu pori-pori kulit kita juga menjadi mudah terbuka dan memudahkan bakteri untuk masuk.
Garis merah yang di timbulkan dari kerokan ini di sebut inflamasi. dengan pengertian Inflamasi adalah pembuluh darah kepiler yang sebelumnya sempit dan kosong menjadi melebar yang terisi darah. Dan inflamasi ini bisa merangsang sistem imun dan kekebalan badan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel